Berkaca Kasus Firli Bahuri, Habib Aboe: Presiden Jokowi Harus Lebih Cermat Seleksi Kandidat Calon Pimpinan KPK!

JAKARTA – Anggota Komisi III dari Fraksi Habib Aboe Bakar Alhabsy, menyoroti proses seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi () sebagai pengganti Firli Bahuri.

Anggota Komisi III ini menyampaikan bahwa sebelumnya Komisi III DPR RI telah mengusulkan kepada presiden untuk tidak perlu mencari pimpinan pengganti, mengingat periode kepemimpinan dan efektifitas kinerja.

“Komisi III kemarin sempat mengajukan usulan kepada presiden untuk tidak perlu lagi mencari dan mengangkat pimpinan sebagai pengganti Firli Bahri, karena masa jabatan pimpinan sebentar lagi mau habis dan Komisi III menilai bahwa dengan pimpinan yang ada saat ini masih bisa menjalankan tugas dengan baik” ujarnya.

Habib Aboe juga mengungkapkan bahwa jika presiden tetap memutuskan mengangkat pengganti calon pimpinan KPK, maka harus berkaca dari kasus Firli Bahuri maka pemerintah harus berhati-hati dalam menyeleksi, pemerintah juga harus cermat dalam melihat rekam jejak.

“Kalau presiden tetap memutuskan untuk mencari calon pimpinan dan mengangkat pengganti Firli Bahuri sebagai pimpinan KPK, maka presiden harus berkaca dari kasus Firli Bahuri, sehingga diperlukan penerapan seleksi yang lebih ketat di DPR, kecermatan dan ketelitian pemerintah dalam melihat rekam jejaknya” ujarnya.

Diakhir, Habib Aboe menyampaikan bahwa kehati-hatian sangat diperlukan dan penting dalam menyeleksi dan memilih calon pimpinan KPK tersebut agar kasus korupsi yang dilakukan oleh Firli Bahuri tidak terulang kembali.***

Tags: , ,