Tahukah Anda, Kebutuhan Dasar Emosi Pasangan Anda?

Oleh : Cahyadi Takariawan

Pernikahan yang berhasil dan bahagia, bukan saja memerlukan kebutuhan material dan fisik semata-mata. Ada sangat kebutuhan yang harus dipenuhi secara timbal balik antara suami dan istri, yang menciptakan kebahagiaan dalam keluarga.

Dr. Willard F. Harley, Jr. penulis buku “His Needs Her Needs, Building an Affair-Proof Marriage” menyatakan, suami dan memiliki kebutuhan dasar masing-masing.

Kebutuhan ini jika tidak dipenuhi akan menjadi penyebab ketidakbahagiaan di dalam hubungan pernikahan.

Menurut Harley, ada sepuluh kebutuhan dasar bagi suami dan , yaitu kekaguman, kasih sayang, percakapan, dukungan rumah tangga, komitmen keluarga, dukungan finansial, kejujuran dan keterbukaan, daya tarik fisik, partner rekreasi, dan kepuasan seksual.

Berikut analisa kebutuhan bagi suami dan istri. Siapa yang memerlukan lebih dari yang lain?

1. butuh family commitment (komitmen keluarga), sedangkan suami butuh admiration (penghargaan / kekaguman).

2. Isteri butuh affection (afeksi), sedangkan suami butuh sexual fullfilment (pemenuhan seksual)

3. Isteri butuh conversation (percakapan), sedangkan suami butuh recreational companionship (partner rekreasi)

4. Isteri butuh honesty and openness (jujur dan terbuka), sedangkan suami butuh attractiveness of spouse (pasangan yang menarik)

5. Isteri butuh financial support (dukungan finansial), sedangkan suami butuh domestic support (dukungan dari dalam rumah).

Sayangnya, hal yang dipandang penting bagi isteri untuk dipenuhi, kerap dianggap kurang penting oleh para suami. Demikian pula sebaliknya, hal yang dibutuhkan oleh suami, kerap dipandang kurang penting oleh para isteri.

Inilah pentingnya saling memahami dan berusaha saling memenuhi kebutuhan emosi pasangan.***

Tags: , ,