Arti Perjuangan

Oleh: Rika Kartika Sari

Alhamdulillahirabbil'alamin kemarin kampanye berakhir. Banyak sekali hikmah. Banyak sekali pembelajaran bagi kami yang masih terus berproses menjadi lebih baik. Menemani para pembimbing solihah dalam perjuangannya.

Berada dalam lingkaran saudara-saudari solih solihah yang pengorbananannya luar biasa, dari harta yang dikeluarkan, berkurangnya waktu dengan keluarga, siang malam mewakafkan semua waktunya, mungkin dalam istirahatnya pun tak lepas memikiran kemaslahatan umat dan dakwah.

Membuat video gambar terbaik untuk menyebarkan informasi di medsos-medsos, Melipat alat peraga bersama, Menyebarkan alat peraga kampanye dan lain-lain, yang mana dalam perjalanannya mengetuk pintu masyarakat untuk memperkenalkan dengan cinta, santun dan lembut, juga mendengarkan keluh kesah masyarakat.

Kebahagiaan dalam kebersamaan bagi kami adalah anugerah dari Allah yang terus kami syukuri, ya kadang kami tertawa bersama tapi terkadang ada juga bulir-bulir air mata kesedihan yang menetes. Tapi ya namanya terkadang ada ujian yang menghadang. Kesukaran, kepayahan, kesulitan dalam beberapa urusan. Tapi semua guru, sahabat dan teman-teman nan solih solihah tak patah semangat terus berjuang. Saling menyemangati, saling menasehati, saling berbagi rasa bersama. Saling berperan dengan semua potensi dan kemampuannya. Karena bukankah Allah dan RasuNya menilai dari prosesnya, usahanya dari ikhtiarnya? Hasil akhir hanya Allah yang berkehendak menetapkan dengan tawakal di penghujungnya. Dan yakinlah Allah selalu memberikan selalu kabar gembira kepada hambaNya yang selalu taat dan taqwa kepadaNya yaitu kenikmatan Surga yang dijanjikan.

Bismillahirrahmanirrahim

Surat Ali Imran ayat 159

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ

Artinya: “Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.”

Jazakumullah Khairan katsiro Ustadz ustadzah ,, sahabat saudara/saudari yang telah banyak memberi pelajaran bagi kami dengan kelembutannya kesabarannya dalam membersamai perjalanan dakwah indah ini. Ya semua tentang arti sebuah pengorbanan dan dengan hati dengan cinta hanya kepada Alloh dan Rasulnya. Teringat pesan ustadzah Nunung selalu mengingatkan berorientasi akhirat dalam semua usaha ikhtiarnya. Karena kita semua harus ingat agar selamat dunia akhirat . Masya Alloh

Ya belum selesai. Harus optimis kemenangan dakwah ini akan terwujud . Semoga semua ikhtiar kita dicatat sebagai pemberat timbangan kebaikan kita di akhirat. Semoga dakwah kita Semakin banyak tersebar kebaikan di muka bumi sebagai bekal kelak kembali “pulang” ke tempat yang luas hamparan langit dan sungainya, tempat yang tak akan ada lagi kesusahan dan kepayahan, semua akan Alloh cukupkan kenikmatannya yaitu di SurgaNya yang abadi…

Insya Alloh

Aamiin ya rabbal ‘alamin

Tags: ,